Senin, 29 September 2014

5 Cara Sehat Kendalikan Amarah

Wanita Marah / Ilustrasi

Kemarahan adalah gangguan emosional yang dialami oleh kehendak manusia.

Meskipun kedengarannya normal, kemarahan berkepanjangan secara dramatis dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental Anda. Kemarahan dapat menyebabkan stres yang abnormal pada tubuh. Jadi Anda benar-benar harus mengendalikan amarah Anda. 

Berikut adalah beberapa hal yang sehat yang dapat dilakukan untuk mengendalikan amarah Anda seperti dikutip dari Medic Magic, Senin (29/9/2014): 

Bersikap jujur

Kadang-kadang kemarahan datang karena Anda tidak mengatakan secara langsung apa yang diinginkan dan diharapkan. Oleh karena itu, menghindari hal-hal yang membuat Anda marah dengan mengungkapkan secara langsung. Hal ini dapat membuat Anda menghindari emosi yang tidak perlu. 

Menenangkan diri

Jika Anda menghadapi situasi yang membuat Anda marah, Anda harus segera menenangkan diri. Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Atau Anda bisa minum segelas air untuk menenangkan pikiran Anda. 

Berjalan-jalan

Mengganggu diri dari hal-hal yang membuat Anda marah efektif. Jadi jika Anda merasa terlalu marah dan tidak bisa berpikir jernih, mencoba untuk hanya berjalan-jalan atau bertemu teman-teman untuk berbagi cerita. 

Menulis

Menulis bisa menjadi terapi untuk meredakan kemarahan Anda, terutama bila Anda tidak memiliki teman untuk berbagi cerita. Tuliskan setiap peristiwa yang membuat Anda marah dan apa yang Anda harapkan dari itu. 

Manjakan diri

Memanjakan sesaat juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk meredakan kemarahan. Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, dan ketika pikiran Anda segar kembali, Anda dapat melihat masalah yang membuat Anda marah dari perspektif yang berbeda.


Sumber : bandung.bisnis.com
Medic Magic"
Credit : Adi Ginanjar Maulana

0 Komentar :

Posting Komentar